Tuesday, July 17, 2012

Wilayah Kerja


Kota Banda Aceh
Banda Aceh atau Banda Aceh Darussalam telah dikenal sebagai ibukota Kerajaan Aceh Darussalam sejak tahun 1205 dan merupakan salah satu kota Islam Tertua di Asia Tenggara. Kota ini didirikan pada hari Jumat, 1 Ramadhan 601H (22 April 1205) oleh Sultan Alaidin Johansyah setelah berhasil menaklukkan Kerajaan Hindu/Budha Indra Purba dengan ibukotanya Bandar Lamuri. Berdasarkan hal tersebut maka diaturlah Peraturan Daerah Aceh Nomor 5 Tahun 1988 yang menetapkan tanggal 22 April 1205 sebagai tanggal berdirinya kota tersebut.

Kota Sabang
Sabang telah dikenal luas sebagai pelabuhan alam bernama Kolen Station oleh pemerintah kolonial Belanda sejak tahun 1881. Pada tahun 1887, Firma Delange dibantu Sabang Haven memperoleh kewenangan menambah, membangun fasilitas dan sarana penunjang pelabuhan.

Kabupaten Aceh Barat
Kabupaten yang berpenduduk sebanyak 151.594 jiwa (data 2006) ini merupakan salah satu daerah yang menjadi sentra produksi berbagai jenis komoditi pertanian, baik jenis tanaman pangan seperti padi, palawija, buah-buahan, dan sayuran, maupun jenis tanaman perkebunan seperti kelapa sawit, kelapa dalam dan karet. Disamping itu lahan yang tersedia untuk budidaya pertanian masih cukup luas.

Kabupaten Aceh Barat Daya
Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) dengan ibukota Blangpidie merupakan sebuah kabupaten di Provinsi Aceh yang diresmikan pada tanggal 10 April 2002 sebagai kabupaten otonom yang terpisah dari Aceh Selatan selaku kabupaten induknya, melalui UU No.4 tahun 2002.

Kabupaten Aceh Besar
Aceh Besar dalam istilah Aceh disebut Aceh Rayeuk. Penyebutan Aceh Rayeuk sebagai Aceh yang sebenarnya karena daerah inilah yang pada mulanya menjadi inti Kerajaan Aceh dan juga karena di situlah terletak ibukota kerjaaan yang bernama Bandar Aceh atau Bandar Aceh Darussalam. Untuk nama Aceh Rayeuk ada juga yang menamakan dengan sebutan Aceh Lhee Sagoe (Aceh Tiga Segi).

Kabupaten Aceh Jaya
Aceh Jaya merupakan kabupaten baru sebagai hasil pemekaran dari Kabupaten Aceh Barat. Kabupaten ini secara geografis terletak pada posisi 04°22’ sampai 5°16’ garis Lintang Utara dan 95°02’ sampai 63°03’ Bujur Timur. Sebelah utara kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Aceh Besar, sebelah barat dibatasi oleh Samudera Hindia, kemudian sebelah selatan berbatasan dengan Kabupaten Aceh Barat dan sebelah timur dengan Kabupaten Pidie.

Kabupaten Aceh Selatan
Aceh Selatan adalah salah satu kabupaten di Aceh yang tak luput dari pemekaran pada tanggal 10 April 2002 sesuai dengan UU RI No.4 tahun 2002. Kabupaten ini terbagi menjadi tiga kabupaten lainnya yaitu Kabupaten Aceh Barat Daya, Kabupaten Aceh Singkil dan Kabupaten Aceh Selatan.

Kabupaten Nagan Raya
Kabupaten Nagan Raya ibukotanya adalah Suka Makmue yang berjarak sekitar 287 km atau 8 jam perjalanan dari Banda Aceh. Kabupaten ini berdiri berdasarkan UU Nomor 4 Tahun 2002 (tanggal 2 Juli 2002) sebagai hasil pemekaran Kabupaten Aceh Barat.

Kabupaten Pidie
Kabupaten Pidie adalah salah satu kabupaten di Aceh, Indonesia. Masyarakat Pidie suka merantau dan berdagang, sehingga sering dijuluki "Tionghoa hitam" dan mereka bersama orang asal Bireuen mendominasi pasar-pasar di berbagai wilayah Aceh. Selain itu, wilayah ini juga terkenal sebagai daerah asal tokoh-tokoh terkenal Aceh, seperti Tgk. Daud Beureueh, Mr. Teuku Mohammad Hasan, Prof. Ibrahim Hasan, DR. Hasballah M Saad, Hasan Tiro dan pengusaha Ibrahim Risyad (Richard).

Kabupaten Pidie Jaya
Meureudu, lebih sering disebut Keude Meureudu merupakan ibukota Kabupaten Pidie Jaya. Kota ini terletak di pesisir timur Kabupaten Pidie Jaya. Daerah ini terkenal dengan aneka masakan khas India yang lezat, seperti martabak kari dan nasi briyani karena mayoritas penduduk Meureudu merupakan keturunan Hindustan (India).

Kabupaten Simeulue
Kabupaten Simeulue adalah salah satu kabupaten di Aceh, Indonesia. Berada kurang lebih 150 km dari lepas pantai barat Aceh, Kabupaten Simeulue berdiri tegar di Samudera Indonesia. Kabupaten Simeulue merupakan pemekaran dari Kabupaten Aceh Barat sejak tahun 1999, dengan harapan pembangunan semakin ditingkatkan di kawasan ini. Ibukota Kabupaten Simeulue adalah Sinabang, kalau diucapkan dengan logat daerah adalah Sinafang yang artinya senapan atau senjata api, di mana dulunya Sinabang menjadi markas serdadu kompeni Belanda. Sementara Sibigo ibukota kecamatan Simeulue Barat berasal dari kata/kalimat CV dan Co karena masa-masa penjajahan dulu, Sibigo adalah lokasi perusahaan pengolahan kayu Rasak - sejenis kayu sangat keras setara dengan Jati - yang dikirim ke Belanda via laut.

Kabupaten Singkil
Kabupaten Aceh Singkil adalah sebuah kabupaten yang berada di ujung barat daya provinsi Aceh, Indonesia. Aceh Singkil merupakan pemekaran dari Kabupaten Aceh Selatan dan sebagian wilayahnya berada di kawasan Taman Nasional Gunung Leuser. Kabupaten ini terdiri dari dua wilayah, yakni daratan dan kepulauan.

Kota Subulussalam
Kota Subulussalam adalah sebuah pemerintah kota di provinsi Aceh, Indonesia. Kota ini dibentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2007, pada tanggal 2 Januari 2007. Kota ini merupakan pemekaran dari Kabupaten Aceh Singkil yang terdiri dari 5 kecamatan.
 
Copyright © 2013 KPKNL Banda Aceh